Belajar Menggunakan Fishfinders (Pencari Ikan)

Apa Anda capek menerka-nerka dimana lokasi ikan di tengah lautan atau danau? Apa Anda sudah berdiam di perahu Anda seharian tanpa menangkap satun ikan pun? Belajarlah cara menggunakan FishFinders atau pencari ikan untuk memperbaiki kesempatan selanjutnya pada saat berada di air.

Belajar menggunakan fishfinders pencari ikanPermulaan

Pencari ikan (FishFinders) di operasikan oleh SOund Navigation dan Ranging (SONAR) / SUara Navigasi dan Jarak yang merupakan sistem pengarahan yang digunakan untk menemukan ikan , mengukur kedalaman lautan dan bahkan menentukan lembut atau kerasnya dasar lautan. Pencari ikan menggunakan Transducer yang mengeluarkan gelombang suara atau suara berfrekuensi tinggi dalam air sampai mengenai apapun termasuk dasar lautan, batuan, karang dan ikan. Setelah suara mengenai sesuatu, suara tersebut memantul kembali seperti gema yang menggambarkan apa yang dikenainya di layar monitor CRT atau Liquid Crystal. Tetapi bayangan benda tidak tidak menunjukkan objek sesungguhnya; lebih banyak belajar dan latihan diperlukan untuk menerka objeknya.

Memasang Transducer

Setelah Anda mendapatkan unit pencarian ikannya, langkah selanjutnya adalah memasangnya di perahu Anda. Lokasi yang dianjurkan untuk memasangnya adalah di trolling motor atau di transom motor tapi pastikan pemasangan kabel jangan terlalu tegang. Pemasangan yang baik sangat penting agar pembacaan SONAR. Pemasangan dari pencari ikan tak perlu orang yang sangat ahli, tapi hanya harus diikuti pelan-pelan juga berhati-hati dalam tiap langkah yang ditulis di buku panduan, tapi jika tidak yakin, mintalah bantuan ahli.

Papan Tombol

Setelah Anda siap untuk menggunakan pencari ikan Anda untuk pertama kalinya, Anda harus menyalaka tombol power atau lampu latar dengan menekan tombol power unit Anda. Jika tak menyala, cek kembali pemasangan kabelnya karena ditakutkan ada yang longgar atau kabel merah dan hitam tidak terpasang di tempat semestinya; cek juga sekringnya tidak putus ataupun tidak terpasang dengan baik.

Unit pencari ikan punya sebuah papan tombol yang terdiri dari tombol-tombol arah (atas, bawah, kiri & kanan), tombol menu dan enter untuk masuk ke menu pilihan; dan tombol power untuk mengaktifkan dan mematikan unit atau lampu latarnya.

Mode Simulasi

Untuk menguasai fungsi pencari ikan Anda, mode simulasi disediakan. Secara langsung akan tampil bila transducer tidak dikenali atau tidak terpasang. Contoh gambar nyata di gambarkan di layar monitor Anda mengambarkan pemandangan bawah air. Anda dapat mengarahkan dan berlatih untuk bisa menggunakannya. Untuk mengakhiri mode simulasi, matikan saja pencari ikan Anda.

Membaca Layarnya

Terlihat di pojok kiri atas dari layarnya, Anda akan menemukan gambar angka-angka berurutan dari atas ke bawah:

  • Kedalaman air dengan ukuran jarak kaki / feet

  • Suhu

  • Kecepatan dalam ‘mil/jam’ (hanya cocok pada Transducer dengan kemampuan membaca kecepatan)

  • Voltase ukuran baterai

Ikan dapat ditentukan dengan mudah dari pepohonan, bebatuan dan objek lainnya karena ikan digambarkan oleh busur. Alat ini juga dapat di atur menurut ikan yang dicari dengan menggunakan pengaturan Fish ID dimana ala ini akan membunyikan nada bila ikan-ikan terdeteksi. Hal tersebut dapat diaktifkan dengan menyalakan Fish Alarm yang terletak di menu pengaturan, dengan mengaktifkan fitur ini, layar akan menunjukkan bermacam ukuran dari target tertentu (simbol busur yang mewakilkan ikannya).

Jika dimatikan, setiap objek yang dikenai oleh gelombang suara akan terlihat di layar. Ada banyak sekali yang harus dipelajari dan hal tersebut memerlukan pembacaan dan memahami panduan plus praktik langsung dan pengalaman diharuskan untuk menguasai cara memancing dengan teknologi modern ini.

Email
Print