Asal usul, Cara Kerja Dan Fungsi GPS

Asal usul, Cara Kerja Dan Fungsi GPS – Beberapa tahun yang lalu jika seseorang hendak pergi ke suatu tempat, dia harus menelepon teman-teman dan anggota keluarganya yang mungkin tahu alamat yang dia tuju, atau berhenti beberapa kali di sepanjang jalan untuk bertanya pada orang asing dan petugas polisi untuk menanyakan arah. Sekarang, kita dapat melakukannya dengan memasukkan data yang diperlukan ke dalam GPS di dalam mobil kita. Navigasi GPS merupakan salah satu revolusi kecil yang pelan tapi pasti akan mengubah gaya hidup kita.

Asal usul, Cara Kerja Dan Fungsi GPS

Asal usul GPS

Seperti sebagian besar inovasi lainnya di jaman modern, navigasi GPS dimulai sebagai pengembangan militer, dimulai pada tahun 1978 dengan peluncuran satelit GPS yang pertama. Alat ini pada awalnya dimaksudkan untuk mengirim senjata ke medan yang tidak diketahui tanpa resiko seperti jika menggunakan seorang prajurit untuk memetakan medan tersebut. Pengerahan penuh satelit GPS selesai pada tahun 1993 dengan peluncuran satelit ke 24, dan dapat berfungsi sepenuhnya pada tahun 1995. Pada awalnya dikenal sebagai ‘NAVSTAR’. Alat ini tidak diketahui oleh orang-orang sampai tahun 2000.

Bagaimana cara kerja GPS?

Navigasi GPS bekerja melalui proses yang diketahui sebagai trilateration. Pada waktu tertentu ada minimal empat (maksimum 12) satelit yang dapat dilihat oleh GPS yang diaktifkan di mana saja. Satelit GPS nya berada di dalam orbit yang tetap, dan mengitari bumi dua kali dalam 24 jam. Alat ini berkomunikasi dengan satelit yang berada di udara, dengan menggunakan frekuensi tinggi, sinyal radio dengan kecepatan cahaya yang menghitung jarak antara satelit dengan alat GPS. Secara teknis, hanya tiga satelit yang dibutuhkan untuk komunikasi seperti ini. Tetapi agar dapat memberi keakuratan yang baik maka kebanyakan perangkat GPS berkomunikasi dengan minimal empat satelit.

Fungsi

Sebuah perangkat GPS yang diaktifkan merupakan tambahan yang berguna bagi orang yang suka dengan kegiatan outdoor. Alat ini tidak hanya digunakan untuk mendaki gunung dan memetakan jalan, malahan alat ini telah membantu para pengendara menghemat waktu yang tak terhitung di jalan tol dengan memberikan mereka informasi yang berguna mengenai kondisi cuaca, kecepatan dan kondisi pengendaraan. Tetapi, ada berbagai macam faktor yang mungkin atau tidak mungkin menghambat fungsi efisien alat GPS anda, dan cuaca merupakan salah satu dari faktor yang paling penting. Langit yang mendung mungkin akan menghambat sinyal dari dan ke alat GPS anda, mengurangi efisiensi navigasinya secara drastis. Faktor penting lainnya adalah operator database peta, dari alat GPS tertentu yang anda gunakan. Selain cuaca dan operator database, daerah juga terbukti menjadi faktor penting dalam menentukan bagaimana dan kapan alat GPS anda berfungsi.

Saat ini merk GPS di pasaran sudah banyak seperti Garmin, Magellan, TomTom, Mio, Lowrance. Baca juga bagaimana cara membeli GPS.

Email
Print